Berita  

Pemda Dan Perusahan Kapal Selalu Koordinasi. Dirut Cantika Sebut Tidak Overload Penumpang

Kalabahi,metroalor.com– Pemerintah kabupaten Alor telah mendahului  berkoordinasi dengan pemilik kapal KFC Cantika Exspres 77 untuk angkut tiga jenasah dan penumpang yang selamat dalam tragedi terbakarnya  kapal Cantika exspres pada 24 Oktober lalu. Melalui surat rekomendasi yang dikirim ke PT pelayaran darma indah(PDI) manejemen dari KFC Cantika exspres 77.

Demikian diungkapkan sekretaris daerah(sekda) kabupaten Alor, Drs Soni Alelang saat ditemui media ini diruang kerjanya pada 27/10/22.Menurut Soni, sebelumnya pada 3 Oktober 2022 pemerintah telah mengirim surat kepada PT PDI dengan nomor surat, No, 350/663/dishub /X/2022, perihal: permohonan penambahan armada kapal cepat untuk trayek Alor -kupang. Namun pihak PDI minta agar Pemkab segerah mengurus ijin di kementerian perhubungan RI. Tapi tidak disangka- sangka terjadi kebakaran pada KFC kapal tersebut. Karena kebutuhan yang mendesak  untuk penumpang yang selamat dan korban yang meninggal harus diantar ke Alor, maka Pemkab rekomendasikan  surat kepada pihak PDI melakukan pelayaran antar waktu  tanggal 25 Oktober 2022, dengan nomor surat : 552/699/dishub/X/2022  untuk angkut  jenasah dan penumpang yang selamat yang sudah melakukan pelayaran pada tanggal 27/10/22 kemarin, jelas Soni.

Km Cantika lestari 9E saat bawa korban meninggal dan selamat dari musibah KFC Cantika exspres 77 dikalabahi 27/10/22

Mantan camat kabola menambahkan, pemkab Alor juga sudah minta kepada pihak perusahan PDI untuk segerah mengantikan kapal baru untuk kembali melayani kebutuhan masyarakat Alor dari alor-kupang dan sebaliknya. Permintaan tersebut telah di setujui pihak perusahan, cuma masih menunggu waktu karena masih dalam suasana berduka akibat  terbakar Cantika exspres 77.

“Jadi Om, pemerintah juga sementara bekerja  membangun komunikasi dengan pihak perusahan kapal untuk mengantisipasi dan mengangkut korban kapal Cantika exspres,baik yang selamat maupun yang meninggal untuk dibawa ke Alor”, tandas Soni.

Korban meninggal saat diusung dr km Cantika lestari di pelabuhan Kalabahi.

Sementara itu direktur utama PT PDI, Johny De Quelju yang dihubungi media  ini via hendponya mengatakan, surat yang saya terima  bukan untuk rute Kupang- Kalabahi  tapi rute Kalabahi – lembata- larangtuka – Kupang. Sedangkan surat rekomendasi yang saya terima tanggal 26 Oktober  belum bisa saya tindak lanjuti karena saya masih berduka dengan peristiwa terbakarnya kapal Cantika exspres 77 tanggal 24 Oktober . Tapi kapalnya tetap stenbay jika ada kebutuhan Ia siap layani.
Jadi lanjut Johny, kapal pengganti Cantika untuk  rute Kupang-Kalabahi dan sebaliknya, sudah saya siapkan  namun masih menunggu waktu yang tepat  sampai kondisi masyarakat sudah aman dan tenang baru akan diturunkan kapal baru pengganti KFC Cantika.

Saat efaluasi penumpang dari KFC Cantika exspres 77 yang terbakar pada 24/10/22

Menurutnya, untuk sementara kapalnya tetap stenbay jika ada kebutuhan Ia siap layani dan selalu koordinasi pihak pemerintah propinsi maupun kabupaten.  Sebab musibah dan penderitaan yang dialami oleh saudara -saudara di perairan naikliu merupakan musibah saya juga. Sebagai ketua umum asosiasi pengusaha kapal penumpang indonesia(APKAPI) Ia sesali kenapa ada penumpang yang tidak terdaftar dimanifest. Kenapa tidak beli tiket di loket? Menurutnya, tidak ada yang namanya  overload atau penumpang melebihi dari kapasitas, karena kapal Cantika tersebut kapasitas penumpangnya  411 orang. 

” Ada beberapa kapal cepat saya  yang beroperasi di Kupang NTT bukan semata-mata  mencari keuntungan tapi juga membantu masyarakat.Kalau dihitung biaya tiket sesuai aturan satu jam perjalanan 75 ribu ,nah  kalau enam jam perjalanan maka sekitar 450 ribu ,namun tiket Kupang Kalabahi kami cuma kasi bandrol 265 ribu. Jadi bukan saya mau cari untung .Jika  ada penumpang yang tidak terdaftar di manifes Sangat disayangkan karena kemungkinan  kehilangan asuransi jasa Raharjanya” kata Johny.

KFC Cantika exspres 77 yang terbakar

Dia mengucapakan atas nama karyawan dan karyawati PT PDI dan Cantika exspres Saya turut berbelasungkawa atas peristiwa yang dialami saudara-saudara saya yang ada di pulau Alor . Semoga keluarga  Korban yang meninggal dalam musibah tersebut selalu diberikan ketabahan, kekuatan  dan kesabaran. Karena peristiwa ini tidak semua orang  menginginkannya. Keluarga korban yang berduka adalah duka saya juga .Kita berdoa dan berharap agar korban yang belum ditemukan bisa ditemukan oleh tim Basarnas, kata Johny yang mengaku sebagai pengurus salah satu  Gereja di Ambon. ***

Respon (16)

  1. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good success. If you know of any please share.
    Thank you! I saw similar blog here: GSA Verified List

  2. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine
    Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good gains. If you know of any please share.
    Kudos! You can read similar blog here: Best escape rooms

  3. I will right away grab your rss as I can not to find your email subscription hyperlink or newsletter service. Do you’ve any? Please permit me recognize in order that I may subscribe. Thanks!

  4. Hey! Do you know if they make any plugins to assist
    with SEO? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good gains. If you know of any please share.
    Cheers! You can read similar art here

  5. Having read this I thought it was really enlightening. I appreciate you taking the time and energy to put this information together. I once again find myself spending way too much time both reading and leaving comments. But so what, it was still worth it!

  6. Next time I read a blog, I hope that it doesn’t disappoint me just as much as this one. I mean, I know it was my choice to read through, nonetheless I actually believed you would probably have something useful to talk about. All I hear is a bunch of crying about something you could fix if you were not too busy looking for attention.

  7. The very next time I read a blog, Hopefully it won’t disappoint me as much as this particular one. I mean, Yes, it was my choice to read through, but I actually thought you’d have something interesting to say. All I hear is a bunch of whining about something that you can fix if you weren’t too busy looking for attention.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *