Iskandar Lakamau “Gantung Daun” Sama Inang Enga

Kalabahi, Berdasarkan hasil kesepakatan orang tua- tua di gunung sehingga kami bersama bapak Iskandar Lakamu, SH.M.Si, bakal calon(balon) Bupati turun gantung daun kepada, Dra, Hj Sri Inang Ananda Enga, bakal calon(balon) wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah(pilkada) pada tahun 2024 . Dengan maksut agar keduanya berkomitmen kerja untuk mendapatkan kursi legislatif pada pileg 2024.
Demikian diungkapkan Yusak Atamau ketika dihubungi metroalor.com melalui sambungan hendponya pada Senin 22/11/21. Menurutnya,kami bersama beberapa orang tua datangi keluarga ibu Inang Enga bukan melamar, tapi istilah yang pas adalah gantung daun agar ada ikatan antara orang pantai dan orang gunung. “Kalau soal lamar untuk bakal calon Bupati dan wakil bupati itu urusan partai, jadi yang pas adalah gantung daun”, sebut Yusak.
Rombongan keluarga Iskandar yang bertandang kerumah Inang Enga di kadelang berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari kalangan tokoh masyarakat 30 orang antara lain, Thomas Legimai, Yusuf Lande, Darius Maarang dan beberapa tokoh lainya sehingga berjumlah 30 orang
dan anak muda 20 orang.
Kami tiba di kadelang sekitar 14.30 WITA dan langsung di sambut oleh keluarga Ibu Inang yang diwakilkan pada bapak Efraim Malaikosa dan beberapa tokoh dari pantai.
Rencana awal simbol gantung daun akan dipakaikan sarung kepada ibu Inang Engga dan dari pihak ibu Inang akan pakaikan salendang kepada bapak Iskandar, cuma dibatalkan. Sehingga simbolnya hanya berupa kesepakatan yang disaksikan oleh tokoh- tokoh dari gunung dan pantai, tutur Yusak .
Kapasitas dirinya ketika mengantar pak Iskandar hanya sebagai perantara bukan sebagai ketua partai, namun dirinya pastikan pak Iskandar akan melalui pintu partai Gerindra karena sebagai kader partai. “Mekanisme dipartai Gerindra kalau kader tidak di survei, kecuali bukan kader partai ” tandas mantan anggota DPRD itu.
Sementara Dra, Hj Inang Enga mengatakan, alasan untuk maju sebagai balon wakil bupati mendampingi Bapak Iskandar ingin memajukan Alor lebih baik lagi. Mulai dari segi pembangunan, ekonomi masyarakat dan infrastruktur jalan ,jembatan dan lain-lain.
Menurutnya hadir dalam acara pinangan tersebut antara lain; keluarga raja muda alor Alor,Marjuki Nampira, SH yang Rahmatia Nampira, Haji Sokan Bara, Ahmat ilias Ambao, Latif Bunga, Rahmatia Nampira, paguyuban Jawa, Sulawesi Selatan, Buton, Binongko jumlah yang hadir di perkirakan 300 orang ,ujar Inang.
Lulusan fakultas ekonomi, universitas Widya Gama malang itu mengatakan, belum ada nama paket untk keduanya namun akan tetap bekerja untuk meyakinkan pada masyarakat bahwa dengan niat tulus yang baik untuk maju dalam perhelatan politik lima tahun sekali ini semata- mata untuk masyarakat. Artinya kata Inang, ingin memajukan kabupaten Alor yang lebih baik dan baru.
Mantan kepala dinas parawisata yang pensiun dini pada tahun 2015 dimasa kerja 27 tahun itu optimis maju ,karena mendapat dukungan dari keluarga dan beberapa kalangan serta organisasi peguyuban yang ada di Alor.
” Dari pergumulan panjang selama empat tahun sehingga sampai pada titik ini bahwa ingin maju sebagai salah satu bakal calon dan kamdidat pilkada pada tahun 2024 nanti.
Sementara ketua Dewan pimpinan cabang Partai PKPI Alor, H.Aris Wahyudi, SH memastikan partai PKPI akan mengusung balon bupati Iskandar dan balon Wabup, Inang Enga dalam pilkada nanti .***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *