OJK Dan BI Sosialisasi KUR Untuk Pengembangan UMKM

Kalabahi, metroalor.com- Otoritas jasa keuangan(OJK) dan Bank Indonesia(BI) bekerja sama dengan mitra komisi IX, melalui Anggota DPR RI, Ahmad Yohan,M.Si menggelar seminar sosialisasi jasa keuangan tentang Peran OJK dalam optimalisasi Keridit usaha rakyat(KUR) untuk pengembangan UMKM, di aula kopdit Tribuana pada 20/7/23.

Dalam sambutan pembukaan , anggota DPR RI,Ahmad Yohan dari fraksi partai amanat Nasional (PAN) yang disampaiakan secara daring mengatakan, kegiatan ini untuk mengembangkan perekonomian , terutama bagamana cara agar dapat mengakses di perbankan . Sebagaimana kita ketahui pemerintah pusat melalui lembaga kementerian terus mendorong untuk penguatan usaha mikro kecil menengah(UMKM).Karena dengan UMKM semua potensi yang ada di daerah bisa bergerak maju untuk bisa menekan pengangguran untuk jangka panjang serta menekan angka kemiskinan.

Kita berharap dengan bergeraknya UMKM di NTT bisa mengurangi angka pengangguran dan mendongkrak potensi-potensi ekonomi didaerah khususnya di Alor.Selain itu, dengan UMKM bisa menampung anak- anak muda untuk mengembangkan potensi daerah untuk melakukan usaha-usaha mikro.
Menurutnya, ada tiga problem dalam menjalankan UMKM ,yang pertama tentang problem permodalan, kapasitas dan yang ketiga problem pemasaran. Jadi UMKM masih banyak yang terkendala dengan modal sehingga mereka belum mengembangkan kapasitasnya, seperti kualitas barang dan setelah kedua hal tersebut jalan , maka problem berikut tentang pemasaran, apakah pemasaran kita sudah baik.

Karena itu, Ahmad Yohan, atau biasa disapa AYO , berharap dengan diskusi seminar ini peserta mendapat penjelasan yang baik dan benar tentang tentang pinjaman KUR dan UMKM . Agar kita benar- benar bisa mengetahui dan mengelolah serta mengembangkan potensi daerah dengan baik. AYO berjanji akan bekerja sama dengan semua mitra kerjanya antara lain OJK,untuk membantu masyarakat mengembangkan UMKMnya.

Sementara itu kepala OJK perwakilan NTT yang di wakili, kepala sub bagian administrasi,
Dedi Safari Yapudin mengatakan, saat ini di setiap daerah telah dibentuk tim percepatan akses keuangan daerah(TPAKD) ,dimana tim tersebut berkoordinasi aktif dalam rangka mengakselerasi tentang kebutuhan-kebutuhan dan peningkatan perekonomian yang bisa melalui Industri jasa keuangan.

Menurut Dedi, ada beberapa program sudah jalan. Dan salah satunya , pembiayaan melawan rentenir .Oleh sebab itu, OJK dan pemerintah mempunyai prodak yang cepat dan dapat diakses dengan mudah. Salah satunya prodak yang ditawarkan oleh industri jasa keuangan dan pemerintah ,seperti kredit merdeka dan sebagainya. Dengan tujuan salah satunya, melawan rentenir dengan bunga yang sangat tinggi di NTT.

Selain itu, kata Dedi, OJK juga mendorong dan mempercepat terkait KUR dimasyarakat.Pada tahun 2022 OJK telah menginisiasi membuat website ,KUR NTT.com Jadi masyarakat yang butuh modal bisa langsung mengakses website yang telah tersedia selanjutnya Bank yang ditujuh akan merespons. Permintaan lewan website untuk menghindari antrian dan di bank .
Sampai dengan saat ini ada 101 pengajuan KUR seluruh NTT, tambah Dedi.

Sementara atas nama pemerintah kabupaten Alor, sekretaris dinas Perdagangan,Mahdi Goro , dalam sambutanya mengatakan, program pemberdayaan masyarakat Visinya diterapkan dalam program kabupaten Alor ,Alor pintar, Alor kenyang dan Alor sehat.

Menurutnya, Program-program dari pemerintah pusat dan kabupaten pasti saling mendukung, sehingga terjadi sinergi antara satu program dengan yang lain. Salah satu program yang kita ikuti saat ini adalah peran OJK dalam optimalisasi KUR yang bekerja sama dengan mitra komisi IX DPR RI melalui Pak Ahmad Yohan .

Karena program ini dari pemerintah pusat maka, kita di kabupaten yang punya usaha atau belum punya usaha , seperti Industri rumah tangga yang belum punya modal akan dibantu oleh pemerintah .
Maka Ia mengajak semua peserta dapat mengikuti seminar dengan pemateri dari OJK dan BI sampai tuntas, agar bisa memahami tentang proses dan tahapan dalam mengajukan pinjaman pada Bank , tandas Mahdi .

Pameteri seminar tersebut dari OJK dan BI yang dihadiri pula ,staf ahli Ahmad Yohan, Abdul Syukur Oumu, sekretaris DPD PAN Alor,Yusram Bainkabel dan peserta seminar yang berjumlah sekitar 200 orang.


Respon (15)

  1. Hi there, I discovered your blog by way of Google at the same time as searching for a comparable matter, your web site got here up, it appears to be like great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

  2. wonderful submit, very informative. I ponder why the other experts
    of this sector do not understand this. You must continue your writing.
    I’m confident, you’ve a great readers’ base already!

    Feel free to surf to my blog post: vpn special

  3. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some
    targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Thanks! You can read
    similar article here: GSA Verified List

  4. Excellent blog you have here but I was wondering
    if you knew of any user discussion forums that cover the
    same topics discussed in this article? I’d really like to
    be a part of community where I can get feed-back from other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know.
    Thank you!

    my web page: vpn coupon code 2024

  5. I think that everything said made a bunch of sense.
    However, think about this, what if you were to create a killer headline?
    I am not suggesting your content is not good., but suppose you added something that grabbed folk’s
    attention? I mean OJK Dan BI Sosialisasi KUR Untuk Pengembangan UMKM – METRO ALOR is a little plain. You could glance at Yahoo’s
    front page and see how they write post headlines to grab viewers interested.
    You might add a video or a related pic or two to
    get readers interested about everything’ve got to say.
    In my opinion, it might bring your blog a little livelier.

    Feel free to surf to my web page … nordvpn special coupon code 2024

  6. I’ve been browsing online more than 3 hours today, yet I by no means found any attention-grabbing article like yours. It is pretty value enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made just right content material as you did, the internet might be a lot more useful than ever before!

  7. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.

    If you know of any please share. Many thanks! You
    can read similar article here

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *