Sejumlah Kontraktor Mengeluh Soal Harga Yang Dibuat Konsultan

KALABAHI, Metroalor.com. Sejumlah kontraktor pelaksana proyek Dinas Pendidikan tahun anggaran(TA)2023 mengeluh soal harga satuan yang ditetapkan konsultan perencanaan .
Pasalnya, Konsultan perencanaan yang buat desain dan tetapkan harga satuan tersebut tidak sesuai dengan Surat Keputusan(SK) Bupati Alor tahun 2023.

Menurut pihak ketiga yang mengungkapkan pada metroalor.com pekan lalu, pekerjaan proyek dinas pendidikan dari dana alokasi khusus(DAK TA 2023), dikerjakan dengan harga satuan permeter perseginya ditetapkan konsultan perencanaan cuma 2′,7 juta, sementara dalam SK bupati Alor ditetapkan 4 juta .

Celakanya lagi harga satuan untuk material di gunung atau di daerah dengan Medan yang berat sama harganya dengan bangunan yang di kerjakan di kota.
Rata-rata bangunan dengan nilai 200 juta ke bawa atau penunjukan langsung(PL) yang kena dampaknya akibat dari harga satuan yang ditetapkan oleh konsultan tersebut, tandasnya .

“Harga satuan sangat mepet Kaka wartawan, sehingga kami juga kewalahan . Apalagi kami yang kerja di gunung . Kalau harga bangunan permeter persegi sudah rendah terus harga satuan untuk proyek di gunung agak tinggi dibanding yang dikota tentu kami bisa tarik napas Kaka”, ujar kontraktor yang minta namanya tidak ditulis.

Harga satuan yang ditentukan oleh konsultan sangat mepet, bahkan mencekik. Karena hampir sebahagian material non lokal, misalnya seng, harus pesan dari Kupang karena di Alor stok terbatas.

Sementara itu, Sekretaris dinas Pendidikan, Anton Makoni, ketika bincang-bincang dengan metroalor.com pada pekan lalu mengungkapkan,untuk proyek dinas pendidikan yang dibagikan dengan cara PL hampir sebahagian akan di PHOkan (penyerahan barang), dalam bulan Oktober ini, karena fisiknya sudah hampir 100 persen, sementara proyek yang dilelang dengan nilai diatas 200 juta masih ada beberapa yang terlambat, seperti pekerjaan di pulau pantar.
Namun Anton Optimis, semua akan selesai pada akhir tahun anggaran 2023 . Karena aktifitas pekerjaan baik PL dan Lelang sementara berjalan. Bahkan rata-rata material non lokal kontraktor sudah stok di lokasi proyek.

Sedangkan, Jhon Tukan konsultan perencanaan , yang merencanakan semua bangunan fisik pada dinas pendidikan tahun 2023 yang di konfirmasi berulang-ulang via WhatsAppnya belum ada jawaban.
Informasi yang diperoleh dari salah satu rekanya , om Jhon masih di Flores Timur, Dia juga bacaleg, katanya ***

Respon (141)

  1. Keyloggers são atualmente a forma mais popular de software de rastreamento, eles são usados para obter os caracteres inseridos no teclado. Incluindo termos de pesquisa inseridos em mecanismos de pesquisa, mensagens de e – Mail enviadas e conteúdo de bate – Papo, etc.

  2. Wow, wonderful blog structure! How long have you been blogging for?
    you make running a blog glance easy. The total look of your website is magnificent,
    as smartly as the content material! You can see similar here dobry sklep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *