Proyek SDN Kalabala Tidak Sesui Gambar. Piter mengaku Ditipu PT Gemuntur.

Moru- Metroalor.com, Kepala Desa Wakapsir Timur, Obet S. Manimalay, melaui suratnya kepada  kepala Dinas pendidikan kabupaten Alor, tembusanya disampaikan kepada  bupati Alor, ketua  DPRD Alor dan camat Alor Barat Daya(ABAD) selatan mengungkapkan, pembangunan gedung sekolah SDN Kalabala, kecamatan abad selatan, Kabupaten Alor, di duga tidak sesuai dengan perencanaan dan  rencana anggaran biaya(RAB).
Surat tertanggal 19 April 2021 yang baru di terima media ini pada 8/2/22  mengatakan,ada beberapa aitem pekerjaan dari  lima gedung yang di kerjakan oleh PT Gemuntur kemudian disub konrakkan(subkon) pada pengusaha lokal,Piter Laana di duga dikerjakan tidak sesuai dengan gambar. Bahkan disinyalir  asal kerja saja,  sehingga mutu pekerjaan tidak terjamin. Aitem -aitem pekerjaanya tersebut antara lain; pekerjaan menara pangkuan  air tidak kuat akibatnya tong jatuh dan rusak. Pekerjaan cor Lapangan upacara diduga tidak tebal sesuai RAB akibanya belum dipakai tapi sudah rusak dan  berlubang. Selain itu, empat daun jendela belum dipasang kaca. Lubang WC hanya satu meter. Ironisnya lagi , bak dalam WC berupa tong plastik menggunakan tong bekas  milik warga, bukan pengadaan baru.
Anehnya lagi,  surat kepala desa dengan perihal ,laporan keadaan fisik pekerjaan menyebutkan juga bahwa, pekerjaan  tiang teras tidak sejajar alias  ada yang miring kiri  dan kanan.
Kalaupun  ada adendum aitem pekerjaan  namun pihak sekolah tidak beritahukan, ujar salah satu warga desa wakapsir timur yang minta namanya tidak ditulis kepada media ini melalui sambungan telepon selulernya. Menurutnya,  beberapa aitem pekerjaan yang belum dikerjakan atau sudah dikerjakan tapi  tidak sesuai dengan gambar, semuanya sudah termuat dalam surat kepala desa tersebut, ujarnya.
Warga  desa tersebut minta agar proyek pembangunan sarana pendidikan dari sumber anggaran APBN tahun 2020 tersebut diperiksa ulang. Pasalnya, sebahagian kecil aitem pekerjaan yang dikerjakan oleh subkon Piter Laana tidak sesuai dengan gambar, namun sudah diPHo kan oleh tim PHO .
Lebih parah lagi, upah tenaga kerja belum dibayar oleh subkon hingga saat ini.
Salah satunya adalah, Ahmad Malaila, warga Desa Wakapsir RT.07/ RW 04, Lelabain, Kecamata Abad Selatan,belum dibayar. Menurutnya, Dia cuma lanjutkan sisah pekerjaan dari tukang sebelumnya.
Selain Ahmad, Anwar A. Mustapa,warga Desa Tribur, juga mengatakan hal yang sama bahwa belum dibayar upah oleh subkon  sebesar 30 juta.
Kepsek SD Negeri Kalabala, Atapmas Brikmar, membenarkan hal tersebut kepada media ini ketika dikonfirmasi dirumahnya pekan lalu.

Lampiran surat kepala desa tentang pembangunan SDN Kalabala.


Sementara itu subkontraktor dari PT Gemuntur , Piter Laana  yang dikonfirmasi media ini 09/02/2022,membantah bahwa, semua pekerjaan  SDN Kalabala,sudah dikerjakan sesuai perencanaan dan RAB .Bahkan upah tukang juga telah dibayar kepada yang bersangkutan.” Fisik pekerjaan atau upah tukang dari proyek SDN Kalabala semua sudah diselesaikan”, tandasnya.
Dia merasa kecewa juga dengan pihak PT Gemuntur karena, kontrak kerja dan nilai proyek yang disepakati bersama tidak sesuai dengan kenyataan. “Awalnya pihak Gemuntur bilang nilai proyek sekitar 1,3 milyar lebih,namun dalam pelaksanaan  hanya  850 juta  saja”, sebut Piter.
Dirinya sangat rugi dalam proyek pembangunan sekolah tersebut.Namun sebagai putra dan kontraktor lokal dia bertanggung jawab sehingga  telah selesaikan sampai tuntas, walaupun  medan yang cukup berat. “Sudah selesai dan telah dilakukan penyerahan pekerjaan dari kontraktor pada pemerintah(PHO) oleh panitia PHO”, tandasnya.
Hanya saja, kata Piter,  ada hak- haknya  dari PT Gemuntur yang belum terpenuhi. Semua pekerjaan fisik sudah selesai 100% dan upah tukang semua telah beres. Om, Kami merasa di tipu dalam pekerjaan ini. kita sudah  ancor dengan keadaan semuanya ini”, kesalnya.
Selain SDN kalabala,PT.Gemuntur juga  menangani  empat pekerjaan lainnya,di Kecamatan ABAD dan ABAD Selatan, antara lain,  SDN Iyameli, SDN Moru 2, SDN Pailelang.(wanka)

Respon (6)

  1. BTC may be the latest or last chance to get rich in this era. It will reach $200000 next year or the next year.

    BTC has increased 20 times in the last year, and other coins have increased 800 times!!!

    Think about only $2 a few years ago. Come to the world’s largest and safest virtual currency exchange Binance to Get free rewards. Don’t miss the most important opportunity in life!!!

    https://hi.switchy.io/91xl

  2. Wow, awesome weblog layout! How long have you been blogging for?
    you make running a blog glance easy. The total glance of your site is wonderful, as well
    as the content material! You can see similar here ecommerce

  3. Hey! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good gains. If you know of any please
    share. Cheers! You can read similar art here: Ecommerce

  4. Hello! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good results. If you know of any please share.
    Appreciate it! You can read similar art here:
    Hitman.agency

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *